Minggu, 05 Desember 2010

Jambore PKK Media Mengenalkan Potensi Daerah

Momentum Jambore Kader PKK Berprestasi tingkat Propinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan di Padang Besi Kota Padang, 13 hingga 16 Oktober 2010 lalu bagi Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Hj. Erlinda Syamsu Rahim dijadikan wahana untuk menyatukan persepsi  organisasi sosial itu  dalam memandang visi Kabupaten Solok ke depan. Bekerjasama dengan pemerintah daerah.  kata Erlinda, pihaknya ingin  mewujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.
Istri Bupati solok itu sangat berkepentingan mengemukakan itu, karena dalam kapasitasnya sebagai Ketua TP-PKK Kabupaten Solok yang baru tiga lebih dijabatnya, ibu tiga anak itu  menilai jambore kader PKK  memiliki tujuan penting dalam berbagi pengetahuan dan silaturahim antar kader. Semua kader, baik dari Kabupaten Solok sendiri maupun kader dari daerah lain menyatu dalam satu rasa kebersamaan dan saling memberi informasi.
Hj. Erlinda tidak  jambore itu sendiri sebagai ajang pertandingan yang akan mengedepankan soal menang atau kalah, tetapi bagaimana organisasi PKK mampu menjadikan kalender tahunan itu sebagai ajang silaturahmi sekaligus menjadi media untuk memperkenalkan produk dan potensi daerah kepada daerah lain. " Jambore serta merta menjadi ajang  promosi disamping media silaturahmi. Kita tidak mencari gelar juaranya, "kata Erlinda.
Bahasa yang disampaikan Ketua TP-PKK Kab. solok itu bukan berarti menggambarkan sikap pesimistis terhadap kemampuan kader, tetapi lebih merupakan  bentuk kepedulian nya terhadap potensi daerah yang belum seluruhnya tergarap. Dalam kesempatan itulah ia kemudian mengharapkan upaya maksimal untuk mempropagandakan daerah Kabupaten Solok kepada kabupaten/kota lain di Sumatera Barat. " Kita lihat selama jambore seluruh kader telah bekerja keras untuk menampilkan yang terbaik bagi daerah, "ujarnya.
Atas orientasi itu Erlinda wajar menagih kekompokan dan kerjasama kontingen dalam setiap kegiatan. “ karena Kekompakan dan kebersamaan kader merupakan modal dasar dalam pencapaian tujuan, “katanya.
Komentar dan orientasi Ketua TP-PKK kab. Solok tersebut sangat mengkristal ketika bagaimana ia  sungguh-sungguh mengenalkan potensi unggulan Kabupaten Solok pada saat jambore berlangsung Terutama  ketika melihat seluruh bahan-bahan kebutuhan tenda perkemahan adalah produk asli Kabupaten Solok dominant didatangkan dari Kab. Solok sesuai budaya dan kultur masyarakat setempat.  
Hasilnya  sungguh menakjubkan. Keberadaan tenda perkemahan kontingen sekaligus sebagai tempat promosi daerah seperti mencerminkan daerah dan lingkungan kab. Solok sendiri. “ Ini merupakan representasi daerah, karena disignnya  dari awal kita upayakan merupakan hasil produk-produk daerah, “terangnya.
Kini Jambore Kader PKK tingkat Sumbar telah selesai, tetapi bagi Hj. Erlinda Syamsu Rahim merupakan awal  kebangkitan untuk  produk-produk Kabupaten Solok . Karena itu tidak mengherankan sepanjang pelaksanaan jambore, perempuan kelahiran Koto Baru, kecamatan Kubung itu  kelihatan antusias mendampingi kader dalam berbagai kegiatan lomba. Tentu saja hal itu dilakukan selain memberikan dorongan semangat, tak jarang-jarang istri Bupati Solok itu  turut memberikan applous terhadap timnya.
Hasilnya ternyata tidak mengecewakan. Dari keseluruhan hasil lomba, kontingen Kabupaten Solok berhasil meraih peringkat ke-2 dengan meraih enam juara lomba, yakni juara I lomba debat kader, juara III lomba PMT-AS, juara II lomba menu 3B, juara III lomba promosi prosuk UPPKS, juara harapan II lomba kemah dan juara harapan II lomba cerdas cermat.
Terhadap prestasi itu, Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP), Afrizal, SP, MM dalam kapasitasnya sebagai ketua Kontingen mengaku puas. Apa yang dicapai para kader merupakan bentuk pengadian dan kesungguhan dalam mengangkat citra daerah. Ia bahkan tidak berkecil hati karena kontingen Kabupaten solok tidak mampu membawa gelar juara umum pada jambore kali ini. Tetapi yang pantas diapresiasi adalah kerja keras  seluruh anggota Kontingen Jambore.****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar