Kamis, 03 Februari 2011

Ketua TP-PKK Kab. Solok Surprise Terhadap Kinerja Keltan Dona Hijrah Nagari Dilam

Saat harga gabah dan beras membumbung tinggi, Kelompok Tani Wanita dona Hijrah, jorong Batu karak, kenagarian Dilam, kecamatan Bukit sundi Kabupaten solok boleh berpesta. Betapa tidak, ditengah kesulitan bahan pangan tersebut, Kelompok Tani Wanita Dona Hijrah justru melakukan panen perdana padi varietas anak daro seluas 14 hektar.

Praktis fenomena itu memantik kepuasan ketua TP-PKK Kabupaten solok Ny. Hj. Erlinda Syamsu Rahim yang menjadi orang istimewa bagi petani Batu Karak saat panen perdana itu.
Ucapan selamat dan seuntai apresiasi tentu saja menjadi kalimat pembuka oleh Ny. Erlinda. Disebutkan, keberhasilan Kelompok Tani Wanita Dona Hijrah  sesuatu yang patut disyukuri dan menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan kinerja dimasa yang akan datang.

Ketua TP-PKK Kabupaten Solok itu juga mengingatkan jika petani mendapat persoalan di lapangan, diharapkan  berkoordinasi dengan dinas terkait seperti Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Solok.
“ Bahkan Kelompok tani dihimbau agar aktif menjemput bola (mencari bantuan) ke Kabupaten atau Dinas terkait. Apabila hal tersebut dilakukan maka tentu saja akan diperhatikan oleh dinas bersangkutan, “ kata Ny. Erlinda, di Batu karak, Rabu (2/2).

Ketua TP-PKK Kabupaten Solok selain menyemangati petani pada panen perdana tersebut, sekaligus meresmikan pendirian Posdaya di Kecamatan Bukit Sundi.

Bagi petani, kata dia, keberadaan Posdaya jelas lebih diharapkan sebagai wadah silaturahmi dan informasi. Kegiatan-kegiatan diskusi dan musyawarah juga dapat dilaksanakan pada Posdaya itu sendiri.” Jangan memandang keberadaan Posdaya sebagai penghambat atau melihatnya sebagai program baru dari pemerintah, tetapi Posdaya justru program lama yang dikemas baru, “ terang Erlinda meyakinkan.

Ikut hadir pada panen perdana Keltan dona Hijra nagari dilam Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan  Ir. Darman,Kepala Dinas Koperindag diwakili  Revoli, kepala BKBPP diwakili Yose Rizal,  SE, MM,Camat Bukit Sundi  Zaharman, S.Sos serta Wali Nagari Dilam  Muslan Muharta, SH

Sebelumnya, Ketua Kelompok Tani Wanita Dona Hijrah yang juga Ketua Gapoktan UKM Dwi Sri  Welly Adetri melaporkan Kelompok Tani Wanita Dona Hijrah berdiri semenjak tahun 2002 dan mempunyai anggota 40 orang yang semuanya adalah perempuan.Pada tahun 2004, jelasnya, Keltan Dona Hijrah mendapat kepercayaan dari dinas Hutbun untuk melaksanakan Kegiatan BKKBN (Kebun Bibit). Hasilnya, tahun Tahun 2005, Keltan Dona Hijrah dikukuhkan sebagai  Juara I Tingkat Sumbar untuk kegiatan BKKBN (Kebun Bibit) sehingga menjadi duta sumbar pada acara sarasehan di Bogor.

“ Kelompok Tani Wanita Dona Hijrah juga bergerak dibidang Simpan Pinjam Perempuan yang memperoleh dana dari Bank Dunia. Kita juga mengajak anggota untuk melaksanakan sistem penanaman bertani dan berlangsung mengikuti metoda tertentu, dan telah terjadi kenaikan produksi sebesar 20% dari biasanya, sehingga dapat membantu kesejahteraan anggotanya, “ jelas Welly Adetri seraya menyebutkan Keltan Dona Hijrah bersama 8 Kelompok tani lainnya di Batu Karak dan Nagari Dilam bermetamorfosa menjadi Gapoktan Dwi Sri sejak tanggal 20 Januari 2011 yang lalu.-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar